Image of Gereja Dipanggil untuk Memulihkan Keutuhan Ciptaan (Sebuah Upaya Merumuskan Panggilan Gereja Indonesia dalam Konteks Krisis Ekologi Indonesia Berdasarkan Gagasan Yohanes Paulus II Tentang Ekologi)

Text

Gereja Dipanggil untuk Memulihkan Keutuhan Ciptaan (Sebuah Upaya Merumuskan Panggilan Gereja Indonesia dalam Konteks Krisis Ekologi Indonesia Berdasarkan Gagasan Yohanes Paulus II Tentang Ekologi)



Krisis ekologi merupakan salah satu persoalan besar warga dunia saat ini, termasuk pula bangsa dan negara Indonesia. Berbagai bencana alam yang terjadi di Indonesia saat ini dirasakan tidak hanya sekedar gejala alam semesta, melainkan manusia turut serta dalam proses terjadi krisis ekologi ini. Krisis ekologi disadari merupakan suatu persoalan yang mendesak saat ini karena hal ini menyangkut secara langsung kelangsungan hidup seluruh kehidupan di atas bumi ini. Hubungan manusia dengan lingkungan alam seharusnya berada dalam relasi yang harmonis, akan tetapi disadari saat ini relasi antara manusia dan lingkungannya terganggu dan dirusak oleh ulah manusia itu sendiri. Tidak dapat disangkal bahwa krisis ekologi Indonesia yang terjadi saat ini sangat berkaitan dengan krisis moral dan iman masyarakat itu sendiri. Dalam konteks inilah gereja memainkan peran yang sangat penting dalam upaya proses pemulihan krisis ekologi Indonesia. Hal ini disadari bahwa gereja (dibaca; agama) merupakan salah satu kekuatan moral dan iman masyarakat. Tesis ini hendak menampilkan panggilan gereja Indonesia berhadapan dengan konteks krisis ekologi Indonesia. Gereja memang tidak dapat menyangkal panggilannya untuk proses pemulihan krisis ekologi Indonesia. Dasar dari panggilan gereja ini bertitik tolak dari gagasan teologi penciptaan dan teologi penebusan yang banyak disumberkan penulis dari gagasan Paus Yohanes Paulus II tentang ekologi.


Availability

08.01013261.836 Hul gPerpustakaan STFTAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
261.836 Hul g
Publisher STFT Widya Sasana : Malang.,
Collation
xiv + 127hlm; 21x28cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
261.836
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this