Image of Ignea Sagitta: Kritik atas Kehidupan Para Karmelit (Sebuah Tinjauan Historis atas Ignea Sagitta dan Relevansinya bagi Para Karmelit di Indonesia)

Text

Ignea Sagitta: Kritik atas Kehidupan Para Karmelit (Sebuah Tinjauan Historis atas Ignea Sagitta dan Relevansinya bagi Para Karmelit di Indonesia)



Sebagian besar Karmelit tentu kenal, minimal pernah mendengar tentang Ignea Sagitta, sebuah buku singkat yang berasal dari Nikolas, Jenderal Ordo Karmel pada tahun 1266-1271. Tulisan ini sangat menarik, sebab di dalamnya Nikolas mengkritik dengan keras para anggotanya. Ia protes atas hidup para Karmelit yang dilihatnya sangat bertentangan dengan karisma dan spiritualitas Karmel. Lewat Ignea Sagitta kita mendapat gambaran bahwa Nikolas adalah seorang pemimpin yang bertanggungjawab. Banyak ahli mendalami Ignea Sagitta. Mereka ingin mengetahui alasan mengapa Nikolas membuat tulisan yang penuh dengan polemik itu. Jawaban yang mereka temukan adalah karena perpindahan para Karmelit dari Gunung Karmel ke Eropa. Pada waktu itu, di Eropa banyak tarekat yang menghayati gaya hidup mendikan. Mereka ini dikenal sebagai kaum religius yang tinggal di tengah-tengah masyarakat. Mereka melayani umat Allah dengan berkhotbah dan mendengarkan pengakuan. Untuk mencukupi kebutuhan hidupnya, mereka juga meminta uang dan makanan dari penduduk kota. Gaya hidup mendikan tersebut telah membawa perubahan besar bagi para pertapa Karmel ini. Untuk dapat bertahan hidup di tempat yang baru, para Karmelit akhirnya memutuskan untuk mengikuti gaya hidup apostolik (nama lain dari gaya hidup mendikan). Nikolas melihat bahwa perubahan gaya hidup ini telah membawa kemerosotan penghayatan karisma dan spiritualitas Karmel. Hal itu tampak dalam merosotnya keheningan, kemurnian dan kehidupan komunal. Semua bidang penghayatan ini adalah karisma Karmel. Dengan tulisan ini, kita juga mengetahui bahwa Nikolas tidak hanya mengkritik dan menghakimi para pengikutnya tetapi lebih jauh, ia ingin mengingatkan mereka untuk kembali ke sumber karisma dan spiritualitas mereka yakni Regula Karmel. Dengan demikian lewat tulisan ini Nikolas ingin mengajar para Karmelit agar tidak meninggalkan nilai-nilai yang ada di dalam Regula Karmel.


Availability

10.01033255.73 Sia iPerpustakaan STFTAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
255.73 Sia i
Publisher STFT Widya Sasana : Malang.,
Collation
vii + 130hlm; 21x28cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
255.73
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this