Image of Penghormatan terhadap Leluhur dalam Kesenian Bantengan (Tinjauan Religius atas Kesenian Bantengan menurut Pemikiran Carl Gustav Jung)

Text

Penghormatan terhadap Leluhur dalam Kesenian Bantengan (Tinjauan Religius atas Kesenian Bantengan menurut Pemikiran Carl Gustav Jung)



Kesenian Bantengan adalah sebuah seni tari tradisional yang berkembang di Kota Malang dan daerah-daerah di Jawa Timur pada umumnya. Keberadaan kesenian ini diyakini oleh masyarakat sebagai kesenian kuno warisan para leluhur yang masih diteruskan turun-temurun hingga saat ini. Di desa Landungsari, Dinoyo, Malang, kesenian ini masih dilestarikan dengan baik oleh warga setempat. Dengan melihat bentuk dan tahap-tahap pelaksanaannya yang masih dipertahankan, dapat dikatakan bahwa kesenian ini menjadi ajang yang sangat terbuka untuk mengekspresikan kecintaan akan tradisi leluhur. Kesenian Bantengan sebenarnya memiliki fungsi sosial yang beragam. Secara ekstern Bantengan mampu menjadi tali pengikat relasi di antara para penghayatnya, lingkungan masyarakat pendukungnya, serta relasi sosial dengan semesta kosmisnya. Secara intern Bantengan mampu menumbuhkan sikap spiritual dan religius yang dalam bagi para pelakunya yang tetap menaruh rasa hormat terhadap leluhur serta Tuhan sebagai penguasa tertinggi. Dengan meninjau secara religius menurut psikologi Carl Gustav Jung, berbagai gejala simbolisme dalam kesenian ini merupakan hasil pengalaman psikis manusia ketika dikuasai oleh bayangan numinous akan arketipe ilahi tertentu, yakni arwah leluhur yang berakar dari alam tak sadar kolektif manusia. Melalui berbagai simbol religius yang numinous itu para penggiat Bantengan mau menghadirkan dan menjadikan yang ilahi itu sebagai sahabat yang dapat menolongnya dan bukan musuh yang menjajahnya. Di situlah kesadaran manusia dituntun oleh alam tak sadarnya untuk mengidentifikasikan diri dengan yang Ilahi dan menjadi satu dengan Allah. Itulah kerinduan alamiah manusia yang terdalam.


Availability

10.000035792 Her pAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
792 HER p
Publisher STFT Widya Sasana : Malang.,
Collation
viii + 149hlm: 21,5x28cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
792
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this