Image of Kenosis: Jalan Transformasi Diri (Kajian Teologi Spiritual Menurut St. Montfort dan Aktualitasnya Bagi Umat Kristiani Dewasa Ini)

Text

Kenosis: Jalan Transformasi Diri (Kajian Teologi Spiritual Menurut St. Montfort dan Aktualitasnya Bagi Umat Kristiani Dewasa Ini)



Menjadi murid Kristus berarti mau menyangkal diri atau berani menahan dan membatasi diri terhadap kenikmatan duniawi. Hanya dengan semangat penyangkalan diri semacam inilah, orang Kristen dapat meleburkan dirinya ke dalam roh pengosongan diri dan memenuhi dirinya dengan kerinduan-kerinduan untuk menjadi serupa dengan Yesus Kristus. Orang Kristen pada hakekatnya tidak bisa terlepas dari dunia, tempat di mana mereka hidup karena mereka adalah bagian dari dunia, namun meskipun dunia itu sangat berharga baginya untuk bisa bertumbuh dan berkembang, itu bukan berarti mereka harus selalu terikat dan dikendalikan oleh roh dunia. Sebagai murid Kristus, orang Kristen terus-menerus dipanggil untuk berani mentransformasi (mengubah) diri menjadi murid Kristus yang mau menghayati semangat pengosongan diri. Pengosongan diri di sini tidak hanya berarti mengosongkan hati dari berbagai macam belenggu duniawi (Nafsu akan kekayaan, prestise, ketenaran, seks, dll.), tetapi juga soal bagaimana mereka menghilangkan cinta dirinya dengan rela mau melayani kaum miskin atau golongan kecil. Melalui semangat pengosongan diri inilah, transformasi diri menjadi berarti. Dunia terus-menerus berubah dan berkembang. Di satu pihak, kemajuan dan perkembangan dunia seringkali dirasakan begitu bermanfaat, tetapi di pihak lain bisa saja membawa kehancuran, malapetaka atau kemalangan. Efek positif dan negatif dari perkembangan itu dialami oleh setiap orang.


Availability

09.01012248.4 Wot kPerpustakaan STFTAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
248.4 Wot k
Publisher STFT Widya Sasana : Malang.,
Collation
xvi + 176hlm; 21x28cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
248.4
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this