Image of Sabda yang Menghadirkan Kristus dalam Kurban Ekaristi (Analisis teks, tafsiran, dan refleksi teologis atas Markus 14:22-25)

Text

Sabda yang Menghadirkan Kristus dalam Kurban Ekaristi (Analisis teks, tafsiran, dan refleksi teologis atas Markus 14:22-25)



Saya mengadakan studi Kitab Suci atas Mrk 14:22-25. Perikop ini berbicara mengenai sabda yang diucapkan Yesus pada waktu perjamuan Paskah. Perikop ini merupakan salah satu dasar biblis perayaan Ekaristi Gereja Katolik . Metode yang saya gunakan adalah metode eksegese. Metode ini dilakukan delam tiga bagian yaitu analisis teks, tafsiran dan refleksi teologis biblis. Tujuan saya adalah berusaha mempelajari dan merefleksikan makna teologisnya guna membantu umat dalam menghayati imannya. Refleksi teologis dan penghayatan iman umat pertama-tama harus berangkat dari Kitab Suci yaitu atas dasar kesaksian iman para rasul atas hidup Yesus. Penghayatan Ekaristi harus dibangun atas dasar pengalaman para saksi mata yaitu para murid ketika mereka masih bersama-sama dengan dia. Dari hasil analisis, tafsiran dan refleksi teologis atas Mrk 14:22-25, saya menyimpulkan bahwa sabda yang diucapkan oleh Yesus dalam perjamuan terakhir adalah Sabda Konsekrasi (Doa Syukur Agung). Sabda ini memiliki kuasa menghadirkan Kristus dalam kurban Ekaristi Gereja yang dirayakan oleh imam tertahbis.


Availability

15.034226.307 Dil sAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
226.307 Dil s
Publisher STFT Widya Sasana : Malang.,
Collation
xi + 93 hlm: 21,5 x 28cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
226.307
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this