Image of Dialog Sebagai Cara Baru dalam Evangelisasi (Refleksi Teologis Atas Dokumen Kapitel Jenderal SVD ke XV Tahun 2000 dalam Terang Evangelii Nuntiandi)

Text

Dialog Sebagai Cara Baru dalam Evangelisasi (Refleksi Teologis Atas Dokumen Kapitel Jenderal SVD ke XV Tahun 2000 dalam Terang Evangelii Nuntiandi)



Misi dan tugas utama Gereja ialah mewartakan Injil kepada semua manusia di seluruh dunia. Dalam menjalankan tugas utamanya ini, misi dan pewartaan Sabda Allah (evangelisasi) merupakan dua bentuk karya Gereja yang tidak terpisahkan karena evangelisasi adalah bagian yang sangat penting dan harus ada dalam setiap karya misi Gereja. Dalam menjalankan karya misi dan evangelisasi ini, para petugas pastoral Gereja senatiasa mengalami perjumpaan dengan realitas dunia yang menjadi ladang tempat misi dan evangelisasi itu dijalankan seperti kemiskinan, kebudayaan-kebudayaan, ketidakadilan dan pengrusakan lingkungan hidup, aliran-aliran kepercayaan serta ideologi-ideologi sekular. Perjumpaan ini tidak jarang melahirkan ketegangan yang membuat misi dan evangelisasi tidak bisa dijalankan dengan baik. Dalam situasi seperti ini kehadiran dialog sangat dibutuhkan. Maka muncullah gagasan-gagasan dialog yang sangat bagus yang digagas oleh Gereja. Namun sangat disayangkan bahwa dialog yang telah digagas dan dirumuskan Gereja dengan sangat baik ini dalam pelaksanaannya hanyalah menjadi batu loncatan bagi para petugas pastoral Gereja untuk menjalankan misi atau pun evangelisasi. Dialog dijadikan sebagai sarana bagi misi atau pun karya evangelisasi Gereja. Dialog disalahartikan hanya sebagai alternatif bagi karya misi atau pun evangelisasi. Melalui tema ini penulis berusaha menemukan suatu model pewartaan yang tepat bagi evangelisasi Gereja dewasa ini. Penulis hendak menggali gagasan-gagasan dialog baik itu dalam dokumen-dokumen Gereja atau pun dalam dokumen-dokumen SVD dan menemukan aksentuasinya bagi karya evangelisasi.


Availability

12.01016252.3 Nor dAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
252.3 NOR d
Publisher STFT Widya Sasana : Malang.,
Collation
xii + 139hlm: 21x28cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
252.3
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this