Image of McDonaldisasi Pendidikan Indonesia (Tinjauan Kritis-Filosofis menurut Pandangan George Ritzer tentang McDonaldisasi Masyarakat)

Text

McDonaldisasi Pendidikan Indonesia (Tinjauan Kritis-Filosofis menurut Pandangan George Ritzer tentang McDonaldisasi Masyarakat)



Pada masanya Max Weber, dia menyeruhkan bahwa model atau wujud dari rasionalitas pada masa modern adalah birokrasi. Namun bagi George Ritzer, birokrasi telah diganti oleh McDonaldisasi sebagai model rasionalitasnya pada masa kini. Sebab itu, tidaklah mengherankan apabila McDonaldisasi telah merambah masuk dalam berbagai sektor kehidupan manusia. Salah satu sektor kehidupan yang tak terelakkan adalah pendidikan. Itulah yang disebut dengan McDonaldisasi Pendidikan. McDonaldisasi pendidikan adalah suatu proses di mana segala prinsip restoran fast-food hadir untuk memengaruhi sektor pendidikan itu sendiri. Dengan kata lain, dunia pendidikan sebagai salah satu sektor kehidupan manusia terjerembab dalam sistem McDonaldisasi yang berkarakteristik efisiensi, dapat dihitung, dapat diprediksi dan kontrol serta segi-segi irasionalitasnya. Kondisi yang demikian terjadi pula dalam pendidikan di Indonesia. Untuk itu penulis dalam skripsi ini hendak menunjukkan secara kritis adanya karakter McDonaldisasi dalam Pendidikan Indonesia. Selanjutnya terhadap realitas McDonaldisasi Pendidikan tersebut, penulis menawarkan sejumlah pemikiran filosofis, yaitu berupa konsekuensi-konsekuensi etis yang dapat mendukung kemajuan dan perkembangan pendidikan Indonesia.


Availability

11.042301 Kot mAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
301 KOT m
Publisher STFT Widya Sasana : Malang.,
Collation
xi + 130hlm: 21,5x28cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
301
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this