Image of Understanding That Heals: Mengerti yang Menyembuhkan (Bentang Pemikiran tentang Psikiatri, Kesehatan Jiwa, dan Psikoterapi)

Text

Understanding That Heals: Mengerti yang Menyembuhkan (Bentang Pemikiran tentang Psikiatri, Kesehatan Jiwa, dan Psikoterapi)



Mungkin ungkapan mengerti yang menyembuhkan (understanding that heals) pada awalnya terdengar asing di telinga kita. Dan kita pun bertanya sungguhkah penyembuhan pasien gangguan jiwa mengandalkan tindakan mengerti seperti yang disuarakan dalam deret pemikiran Prof. Didi Bachtiar Lubis yang terangkum dalam buku ini? Namun sesungguhnya kekuatan tindakan mengerti untuk penyembuhan pasien sudah disadari sejak titik-titik awal kurun psikiatri modern. Makin menonjolnya peran farmakoterapi dalam psikiatri terasa seperti begitu mengesampingkan kesadaran kita tentang pentingnya tindakan mengerti dan posisi sentral tindakan mengerti dalam praktik penyembuhan di kalangan psikiatri, bahkan juga dikalangan psikolog, konseling dan di seluruh kalangan helping profession. Freud sendiri menegaskan betapa tujuan terapi adalah menjadikan yang tidak disadari disadari (to make the unconscious conscious). Dan tindakan mengerti sesungguhnya identik dengan tindakan menyadari. Maka penegasan Freud itu pun sesungguhnya bermakna bahwa tujuan terapi adalah menjadikan yang tidak mengerti, dimengerti. Begitu sentral dan terkemukalah posisi tindakan mengerti dalam setiap upaya menyembuhkan pasien gangguan jiwa. Dan melalui rangkaian tulisan yang terangkum dalam buku ini Prof. Lubis mengajak psikiater, psikolog, konselor, dan setiap helping profesional untuk kembali mengerti bahwa tindakan mengerti itu perlu selalu mewarnai praktik profesional mereka.


Availability

16470616 Lub uAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
616 Lub u
Publisher Alta Pustaka : Malang.,
Collation
366hlm; 18 x 25cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-26-0062-9
Classification
616
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this