Image of Epiklesis: Kehadiran Roh Kudus dalam Doa Syukur Agung (Refleksi teologis kuasa Roh Kudus dalam Doa Syukur Agung dan implikasinya bagi partisipasi aktif umat dalam Doa Syukur Agung)

Tesis

Epiklesis: Kehadiran Roh Kudus dalam Doa Syukur Agung (Refleksi teologis kuasa Roh Kudus dalam Doa Syukur Agung dan implikasinya bagi partisipasi aktif umat dalam Doa Syukur Agung)



Fokus penelitian ini ialah doa epiklesis yang menjadi bagian utuh dari DSA dalam Gereja Katolik. Doa epiklesis merupakan salah satu doa yang turut ditambahkan dalam usaha Gereja Katolik melakukan pembaruan dalam liturginya. Dengan doa epiklesis Gereja memohon hadirnya Roh Kudus untuk menguduskan bahan persembahan serta umat beriman yang mengambil bagian dalam perayaan ekaristi. Pernyataan iman Gereja ini belum sepenuhnya sejalan dengan partisipasi aktif umat beriman dalam DSA. Dengan demikian, persoalan ini menjadi isu yang disoroti dalam penelitian ini. Dalam upaya untuk menggali pokok persoalan tersebut, penulis melakukan penelusuran berhubungan dengan perkembangan epiklesis sejak awal perkembangan Gereja hingga saat ini. Di samping itu, penulis juga merujuk pada beberapa ahli liturgi yang secara khusus menaruh perhatian pada persoalan epiklesis dalam DSA Gereja Katolik. Berbagai penelusuran tersebut sangat bermanfaat untuk menjebatani kesenjangan antara iman Gereja tentang doa epiklesis dan partisipasi aktif umat beriman dalam DSA. Hal ini diperjelas dengan kehadiran doa epiklesis sebagai bagian utuh dari DSA Gereja Katolik. Kehadiran doa epiklesis yang secara khusus menyebut Roh Kudus secara eksplisit mengungkapkan dengan tegas karya Allah Tritunggal dalam misteri ekaristi kudus. Di samping itu, doa epiklesis juga mengungkapkan dimensi eklesiologis dari misteri ekaristi. Ekaristi bukan hanya tanggung jawab pelayan tertahbis, melainkan juga tanggung jawab umat beriman yang mengambil bagian dalam perayaan ekaristi dengan berpartisipasi secara aktif.


Availability

22.01029264 Ceh ePerpustakaan STFTAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
264 Ceh e
Publisher STFT Widya Sasana : Malang.,
Collation
xi + 97hlm: 21,5x28cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
264
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this