Image of Pluralisme Agama dalam Dokumen Abu Dhabi (Analisis pandangan hidup beragama di Indonesia dan implikasi dokumen Abu Dhabi terhadap pluralisme agama di Indonesia)

Text

Pluralisme Agama dalam Dokumen Abu Dhabi (Analisis pandangan hidup beragama di Indonesia dan implikasi dokumen Abu Dhabi terhadap pluralisme agama di Indonesia)



Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis pandangan hidup beragama di Indonesia dalam konteks pluralisme agama dan implikasi dari Dokumen Abu Dhabi terhadap keberagaman agama di Indonesia. Dokumen Abu Dhabi, yang ditandatangani oleh Paus Fransiskus dan Imam Besar Al-Azhar Ahmad el-Tayeb pada Februari 2019, merupakan komitmen untuk mempromosikan perdamaian, persatuan, dan dialog antaragama. Studi ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan analisis dokumen Abu Dhabi terhadap persoalan-persoalan agama di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pluralisme agama di Indonesia dipengaruhi oleh nilai-nilai Pancasila, yang mendukung keberagaman dan toleransi. Dokumen Abu Dhabi memberikan kontribusi positif terhadap penguatan dialog antaragama di Indonesia melalui berbagai program dan inisiatif yang mempromosikan toleransi dan saling pengertian. Implikasi dari dokumen ini terlihat dalam peningkatan kerjasama antaragama, pengurangan konflik berbasis agama, dan peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup berdampingan secara damai dalam keragaman. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi Dokumen Abu Dhabi dapat menjadi katalisator penting dalam memperkuat pluralisme agama di Indonesia.


Availability

20.070Perpustakaan STFTAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
291 Ban p
Publisher STFT Widya Sasana : Malang.,
Collation
xi + 85hlm: 22x28cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
291
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this