Image of Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Umat (LPEU) sebagai Sarana untuk Membangun Paguyuban (Studi kasus di LPEU Paroki dan Stasi Gempol, Paroki St. Theresia Pandaan)

Text

Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Umat (LPEU) sebagai Sarana untuk Membangun Paguyuban (Studi kasus di LPEU Paroki dan Stasi Gempol, Paroki St. Theresia Pandaan)



Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Umat (LPEU) sebagai lembaga keuangan mikro memberikan sumbangan bagi perkembangan paguyuban umat paroki St. Theresia Pandaan. Perannya dalam membantu perekonomian umat membawa dampak bagi perkembangan paguyuban. Hal ini menunjukkan bahwa selain sebagai lembaga keuangan mikro, LPEU juga sebagai media pastoral paroki. Kegiatan-kegiatan LPEU mendorong anggota semakin mengenal dan terbuka terhadap sesama anggota. Hal ini mengakibatkan mereka dapat menjalin paguyuban yang solid. Persoalan yang dibahas dalam penelitian ini adalah kinerja LPEU Bhakti Mulia, Paroki Pandaan dalam mengembangkan paguyuban umat. Fokus penelitian adalah sejauh mana LPEU dapat menjadi pendorong umat dalam membangun paguyuban Gereja. Bagaimana tanggapan umat yang bukan anggota LPEU. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa kinerja LPEU dalam mendorong anggotanya untuk mengembangkan paguyuban umat Gereja. Selain itu juga melihat prinsip Subsidiaritas, dan Kesejahteraan umum yang didasarkan pada Ajaran Sosial Gereja (ASG), apakah sudah terwujud dalam kinerja LPEU. Hasil penelitian ini dimaksudkan untuk menambah bahan referensi model pastoral. Hal ini juga menunjukkan bahwa melalui LPEU juga dapat mewujudkan paguyuban umat Gereja yang baik. Akhirnya penelitian ini dapat semakin mengobarkan semangat umat paroki Pandaan dalam mengembangkan paguyuban umat.


Availability

15.01017253 Her lAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
253 Her l
Publisher STFT Widya Sasana : Malang.,
Collation
xiii + 148hlm; 22x28cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
253
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this