Image of Eksistensi dan Representasi dalam Kehidupan Politik di Indonesia (Mengkritisi kebebasan berpolitik perempuan Indonesia dalam perspektif Simone de Beauvoir)

Text

Eksistensi dan Representasi dalam Kehidupan Politik di Indonesia (Mengkritisi kebebasan berpolitik perempuan Indonesia dalam perspektif Simone de Beauvoir)



Persoalan perempuan barangkali merupakan sebuah persoalan yang cukup rumit untuk dibahas. Lebih rumit lagi jika dikaitkan dengan nuansa politik suatu bangsa. Skripsi ini berjudul Eksistensi dan Representasi Perempuan dalam Kehidupan Politik di Indonesia (Mengkritisi Kebebasan Berpolitik Perempuan Indonesia dalam Perspektif Simone de Beauvoir). Fokus utama tulisan ini adalah menguraikan sejauh mana perempuan bisa menunjukkan kualitas dirinya pada panggung politik Indonesia. Mengingat bahwa ada berbagai persoalan yang turut menghambat kebebasan perempuan dalam kehidupan berpolitik. Hambatan-hambatan tersebut muncul bukan saja karena kurangnya kepercayaan terhadap perempuan, melainkan juga karena faktor budaya yang sangat kental. Simone de Beauvoir melihat bahwa ada beberapa faktor kunci yang kiranya menghambat perempuan untuk terlibat dalam kehidupan politik suatu bangsa. Faktor-faktor tersebut yakni status sebagai ibu dan status menikah. Ini merupakan faktor yang membuat perempuan tidak bisa bebas dalam mengekspresikan pandangan politiknya. Demikian halnya di Indonesia. Dominasi budaya patriarki cukup mempengaruhi pola pikir masyarakat dalam memberi penilaian terhadap perempuan. Karena budaya patriarki yang sangat kuat ini, peran perempuan dalam ranah publik sangat minim. Dominasi patriarki kemudian menjadi penyebab perbedaan peran antara laki-laki dan perempuan. Suatu perbedaan yang cukup mengerdilkan kehidupan perempuan pada umumnya. Selain itu wacana kepemimpinan perempuan sangat sulit untuk terealisasi. Namun demikian persoalan-persoalan tersebut tidak membuat perempuan Indonesia menyerah dalam memperjuangkan hak mereka sebagai warga negara. Mereka mendirikan berbagai organisasi gerakan wanita sebagai wadah penyampaian aspirasi mereka. Data menunjukkan bahwa ada begitu banyak peraturan yang memberikan ruang kebebasan bagi perempuan, entah itu dari PBB maupun di Indonesia. Selain itu untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam kehidupan politik, maka diperlukan transformasi pendidikan politik bagi perempuan. Pemikiran Simone de Beauvoir tentang konsep kebebasan perempuan masih relevan terhadap situasi perempuan Indonesia saat ini. Perempuan Indonesia hendaknya tidak merasa dikekang oleh status sosialnya sebagai seorang ibu atau perempuan yang menikah. Mereka harus mewujudkan kebebasan berpolitik mereka tanpa harus meninggalkan martabat mereka sebagai perempuan.


Availability

18.063320.01 Tam ePerpustakaan STFTAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
320.01 Tam e
Publisher STFT Widya Sasana : Malang.,
Collation
xi + 80hlm: 22x28cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
320.01
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this