Image of Keterbukaan Kasih Persaudaraan dan Relevansinya Bagi Gereja di Indonesia dalam Terang Ensiklik Fratelli Tutti Artikel 95-98 (Refleksi teologis bagi Gereja Indonesia)

Text

Keterbukaan Kasih Persaudaraan dan Relevansinya Bagi Gereja di Indonesia dalam Terang Ensiklik Fratelli Tutti Artikel 95-98 (Refleksi teologis bagi Gereja Indonesia)



Dalam kehidupan bersosial manusia selalu menjunjung tinggi nilai-nilai persaudaraan, khususnya dalam keterbukaan kasih persaudaraan. Keterbukaan kasih persaudaran yang sungguh tulus diperlukan bagi semua orang tanpa melihat latar belakang sesamanya. Dalam konteks Indonesia sendiri tindakan keterbukaan kasih persaudaraan prakteknya belum berjalan dengan baik. Praktek belum berjalan dengan baik, dalam artian kurangnya keterbukaan kasih persaudaraan bagi saudara-saudari kita yang menderita disabilitas dan disingkirkan karena miskin. Oleh karena itu, dalam Ensiklik Fratelli Tutti, khususnya dalam artikel 95-98 di sana Paus Fransiskus mengatakan betapa pentingnya semangat keterbukaan kasih persaudaraan bagi semua orang, khususnya bagi kaum disabilitas dan yang disingkirkan di tengah masyarakat akibat miskin. Melalui pesan Paus Fransiskus dalam Ensiklik Fratelli Tutti artikel 95-98, ia menginginkan setiap pribadi manusia memiliki keterbukaan kasih persaudaraan terhadap sesama saudara-saudaranya. Keterbukaan kasih persaudaraan dalam artian, mampu hadir dalam situasi apapun keadaan sesamanya. Sehingga dalam hal ini peran Gereja sebagai sebagai sarana keterbukaan kasih persaudaraan harus berani hadir pemeran utama bagi saudara-saudari yang menderita disabilitas dan disingkirkan ditengah masyarakat akibat miskin. Sebagaimana pesan Paus Fransiskus dalam Fratelli Tutti artikel 98 bahwa kita harus berani hadir bagi mereka.


Availability

18.095291.172 Sil kPerpustakaan STFTAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
291.172 Sil k
Publisher STFT Widya Sasana : Malang.,
Collation
xi + 100hlm: 22x28cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
291.172
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this