Image of Kajian Atas Kelas Berdasarkan Katekismus Gereja Katolik (Sebuah usaha menggali nilai-nilai Kelas dalam Teks Torok Kampung Pandang Arus-Poco Ranaka Timur-Manggarai Timur)

Text

Kajian Atas Kelas Berdasarkan Katekismus Gereja Katolik (Sebuah usaha menggali nilai-nilai Kelas dalam Teks Torok Kampung Pandang Arus-Poco Ranaka Timur-Manggarai Timur)



Budaya mendapat kedudukan penting dalam pewartaan iman Gereja Katolik. Konsili Vatikan II membuka kemungkinan menggunakan budaya setempat sebagai media pewartaan atau menjadikan budaya setempat sebagai sumber refleksi teologis. Menggali nilai-nilai kelas merupakan salah satu usaha mengaktualisasikan kemungkinan yang diberikan Gereja ini. Kelas merupakan pesta kenduri yang merupakan puncak dari seluruh ritus kematian dalam tradisi adat kematian orang Manggarai. Banyak nilai yang terdapat dalam tradisi ini. Nilai-nilai itu termuat dalam teks torok kelas, namun tidak secara jelas. Karena itu, nilai-nilai itu perlu digali. Metode yang digunakan untuk menggali nilai dalam kelas adalah analisis semantik teks. Nilai-nilai ini kemudian ditinjau berdasarkan ajaran iman kristiani. Ada nilai-nilai yang memiliki kesamaan dengan ajaran iman kristiani. Nilai-nilai yang sama menjadi peluang bagi Gereja untuk menggunakannya sebagai media pewartaan iman.


Availability

13.01021959.86 Jab kAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
959.86 Jab k
Publisher STFT Widya Sasana : Malang.,
Collation
vi + 107hlm: 21x28cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
959.86
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this