Image of Perkawinan Menurut Adat Manggarai dalam Tinjauan Hukum Perkawinan Gereja Katolik (Implikasi Perkawinan Adat Manggarai bagi karya Pastoral di Keuskupan Malang)

Text

Perkawinan Menurut Adat Manggarai dalam Tinjauan Hukum Perkawinan Gereja Katolik (Implikasi Perkawinan Adat Manggarai bagi karya Pastoral di Keuskupan Malang)



Karya tulis ini menggarap tema Perkawinan Menurut Adat Manggarai dalam tinjauan Hukum Perkawinan Gereja Katolik-Implikasi Perkawinan adat Manggarai Bagi Karya Pastoral di Keuskupan Ruteng. Penulis menggarap tema ini karena beberapa persoalan berikut. Pertama perkawinan menurut adat Manggarai masih terpelihara sampai sekarang dan memiliki posisi yang penting dalam kehidupan sosial budayanya. Dengan demikian perlu dilacak berbagai kesamaan dan perbedaan pandangan tentang perkawinan dalam Adat dan Gereja Katolik. Kedua dari sudut jenis perkawinan, sifat perkawinan, dan halangan perkawinan terdapat perbedaan pandangan. Berbagai perbedaan pandangan dapat mengakibatkan kurangnya penghayatan akan makna perkawinan yang sesuai dengan ajaran Gereja Katolik. Ketiga adat kebudayaan Manggarai memiliki banyak nilai-nilai positif yang dapat dikembangkan dalam ranah pastoral perkawinan. Nilai-nilai tersebut berkaitan dengan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan cinta kasih, pendidikan, nilai religius dan lain sebagainya. Sebuah penilaian pastoral kritis dan analisis yang mendalam tentang masalah ini adalah sebuah keharusan. Gereja Katolik atau Gereja lokal bisa mendapatkan banyak nilai-nilai lokal yang sangat membantu karya pewartaan iman. Hal ini penting agar Gereja lokal berakar dalam budaya lokal sehingga nilai-nilai Injil yang diwartakan dapat menghasilkan buah berlimpah.


Availability

14.01015959.86 TUL pAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
959.86 TUL p
Publisher STFT Widya Sasana : Malang.,
Collation
xiv + 111hlm: 21,5x28cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
959.86
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this