Image of Gereja Bersama Orang Miskin (Studi kasus implementasi Ensiklik Deus Caritas Est & Motu Proprio Intima Ecclesia Natura dalam karya amal kasih Gereja bagi orang miskin di Paroki Hati Kudus Yesus-Kayutangan Malang & Paroki Santo Andreas Tidar-Malang)

Text

Gereja Bersama Orang Miskin (Studi kasus implementasi Ensiklik Deus Caritas Est & Motu Proprio Intima Ecclesia Natura dalam karya amal kasih Gereja bagi orang miskin di Paroki Hati Kudus Yesus-Kayutangan Malang & Paroki Santo Andreas Tidar-Malang)



Ensiklik Deus Caritas Est dan Motu Proprio Intima Ecclesia Natura adalah sebuah pendasaran untuk perwujudan iman kristiani. Allah adalah kasih dan dariNya kita menerima anugerah kasih dalam hidup ini. Pemahaman dan penghayatan yang benar akan cinta sungguh membantu setiap orang kristiani untuk mewujudkan iman dalam tindakan kasih yang nyata. Kesadaran setiap pribadi kristiani menggerakkan mereka untuk melakukan tindakan amal kasih dengan menerima dan merangkul saudara-saudara yang miskin dan menderita. Kemiskinan adalah potret kehidupan sosial masyarakat Indonesia yang terus muncul di tengah kemajuan zaman ini. Gereja hidup dan hadir di tengah masyarakat yang miskin dan menderita. Melalui pelayanan kasih, Gereja melaksanakan karya amal kasih di bidang sosial ekonomi, pendidikan, dan kesehatan. Gereja memiliki tanggungjawab untuk melayani orang miskin dan menderita. Mereka bukanlah obyek kasih namun pribadi yang memiliki harkat dan martabat yang luhur. Namun pelayanan kasih hendaknya memberdayakan mereka untuk mandiri.rnKarya amal adalah panggilan diakonia Gereja. Karya amal kasih bebas dari kepentingan pribadi untuk mendapatkan keuntungan dari dana sosial Gereja, karena ada bahaya yang harus diwaspadai bahwa adanya gejala penggunaan dana Gereja dengan mengatasnamakan amal kasih bagi orang miskin. Pelayanan amal kasih adalah pelayanan seluruh diri pribadi kristiani untuk sesamanya yang miskin dan menderita. Melalui karya amal kasih Gereja, Pastor Paroki dan segenap petugas pastoral memiliki tanggung jawab yang luhur dan mulia melayani orang-orang miskin dan menderita. Iman akan kasih Allah telah mendorong umat kristiani untuk hidup bersama orang miskin. Kebijakan pastoral untuk pelayanan orang miskin dan menderita menjadi sebuah gerak pastoral untuk pelayanan orang miskin dan menderita menjadi sebuah gerak pastoral yang mencakup konteks orang miskin, sasaran pelayanan, dan strategi yang tepat untuk menolong dan memberdayakan orang miskin.


Availability

14.01001261.8 FER gAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
261.8 FER g
Publisher STFT Widya Sasana : Malang.,
Collation
xiv + 151hlm: 21,5x28cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
261.8
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this