Image of Devosi Allah Tritunggal Mahakudus Menurut Arnoldus Janssen Penerapannya dalam Serikat Sabda Allah dan Relevansinya Bagi Karya Misi Gereja (Tinjauan teologi spiritual)

Text

Devosi Allah Tritunggal Mahakudus Menurut Arnoldus Janssen Penerapannya dalam Serikat Sabda Allah dan Relevansinya Bagi Karya Misi Gereja (Tinjauan teologi spiritual)



Devosi kepada Allah Tritunggal Mahakudus merupakan salah satu bentuk devosi yang langsung berpusat kepada Ketiga Pribadi Allah Tritunggal Mahakudus. Dalam menghayati iman akan Allah Tritunggal Mahakudus, umat Kristiani selalu menjalin relasi dengan Allah Tritunggal Mahakudus dalam doa-doa, nyanyian, ibadah dan liturgi Gerejawi. Dalam penulisan skripsi ini, penulis membahas tema 'Devosi Allah Tritunggal Mahakudus menurut Arnoldus Janssen, Penerapannya dalam Spiritualitas Serikat Sabda Allah dan Relevansinya bagi Karya Misi Gereja'. Penulis akan mengkaji tentang teologi-spiritual Allah Tritunggal Mahakudus dan juga akan mengkaji pemikiran Arnoldus Janssen tentang Devosi Allah Tritunggal dari sudut pandang teologi-spiritual. Dalam mengkaji tema di atas, penulis menggunakan metode kepustakaan. Penulis menggunakan berbagai buku tentang Arnoldus Janssen, dokumen Gereja, dan buku-buku teologi spiritual yang berkaitan dengan tema di atas dalam mengelaborasi tulisan skripsi ini. Penulis menemukan bahwa devosi Arnoldus Janssen kepada Tritunggal Mahakudus berangkat dari pemikiran para teolog Gereja tentang Allah Tritunggal Mahakudus. Arnoldus Janssen tidak mencetuskan sebuah teologi baru tentang Allah Tritunggal, akan tetapi Arnoldus mempelajari pemikiran teologis tentang Allah Tritunggal Mahakudus dan secara kreatif mengaplikasikannya dalam spiritualitas Serikat Sabda Allah dan bahkan dalam hidup rohaninya secara personal. Spiritualitas Arnoldus Janssen yang termaktub dalam Devosinya kepada Allah Tritunggal Mahakudus mengantar kepada pribadi yang selalu mencari kehendak Allah. Baginya Allah tidak pernah diam, dalam situasi sulit apapun. Kehendak Allah itu diwujudnyatakan oleh Arnoldus Janssen dalam karya misi. Ia mendirikan rumah misi di Steyl di tengah situasi sulit yang dialami oleh Gereja di Jerman akibat kulturkampf. Arnoldus merefleksikan kesulitan ini, sebagai sebuah peluang baru untuk mengambil bagian dalam karya misi Gereja Universal. Karya misi Allah dan Gereja di dunia terus tumbuh dan berkembang. Sejak awal, tujuan Arnoldus mendirikan Serikat Sabda Allah adalah ambil bagian dalam misi Allah dan Gereja. Arnoldus Janssen ingin menghidupkan Allah Tritunggal Kudus dalam hati orang-orang kafir dan hati semua orang. Misi ini didasarkan pada refleksi atas pribadi Allah Tritunggal Mahakudus dan diwujudkan dengan mengambil bagian dalam hidup-Nya lewat doa, pewartaan dan karya kasih.


Availability

17.058248.4 Nad dPerpustakaan STFTAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
248.4 Nad d
Publisher STFT Widya Sasana : Malang.,
Collation
xii + 122hlm: 22x28cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
248.4
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this