Image of Partisipasi Perempuan dalam Keilahian Pada Teks Why 12:1-6 dan Relevansinya Bagi Perempuan Masa Kini (Analisis-eksegese-refleksi teologis atas Why 12:1-6)

Text

Partisipasi Perempuan dalam Keilahian Pada Teks Why 12:1-6 dan Relevansinya Bagi Perempuan Masa Kini (Analisis-eksegese-refleksi teologis atas Why 12:1-6)



Fokus penulisan skripsi ini ialah melihat partisipasi perempuan dalam teks Why 12:1-6. Perempuan dalam teks ini tidak diketahui identitasnya, yang menandakan keberadaannya yang tidak dianggap namun memperoleh perlakuan yang amat baik dari Allah. Perempuan itu tampak di langit, yang merupakan tempat tertinggi. Perempuan itu juga tampak dalam hiasan semarak mulia. Ia berselubungkan matahari, mengenakan mahkota dari duabelas bintang, dan di bawah kakinya ada bulan. Keagungan dan kesemarakan perhiasan yang dikenakan pada perempuan itu menunjukan bahwa perempuan merupakan makhluk mulia dan berharga. Allah berkenan menganugerahi kasih dan kemuliaan padanya. Atribut-atribut yang dikenakan pada perempuan, yakni matahari, bulan, dan bintang juga menunjukkan bahwa Allah memanggil perempuan untuk terlibat dalam karya keilahian, yakni mewartakan kasih dan kebaikan Allah, serta kesetiaan dan sukacita Allah. Partisipasi perempuan juga nampak dalam perempuan itu mengandung dan melahirkan. Perempuan itu mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki yang akan menemukan kejahatan dengan gada besi dan akan memimpin bangsa-bangsa dengan keberanian dan kebijaksanaan. Perempuan juga mewartakan kebaikan dan kuat kuasa Allah yang menyelamatkannya dari ancaman maut dengan menuntunnya ke padang gurun dan memeliharanya. Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini ialah metode eksegese, yang meliputi analisis konteks, analisis sintaksis, analisis semantik, analisis cerita, dan eksegese. Penulisan ini merupakan sebuah studi teologi sumber yang menggunakan Kitab Suci sebagai sumber utama.


Availability

16.068228.07 Sit pPerpustakaan STFTAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
228.07 Sit p
Publisher STFT Widya Sasana : Malang.,
Collation
x + 119hlm: 22x28cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
228.07
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this