Image of Dominasi Simbolis Pariwisata terhadap Sektor Pertanian di Kabupaten Badung, Bali (Telaah dalam pemikiran Pierre Bourdieu)

Text

Dominasi Simbolis Pariwisata terhadap Sektor Pertanian di Kabupaten Badung, Bali (Telaah dalam pemikiran Pierre Bourdieu)



Skripsi ini membahas tentang fenomena pariwisata Bali yang diklaim mendominasi sektor lainnya, khususnya pertanian. Pariwisata yang menjadi ikon Bali serentak mengharumkan dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi provinsi Bali. Tetapi di satu sisi, sektor pertanian menjadi terancam dengan hadirnya pariwisata yang beroperasi dalam skala besar. Melihat situasi ini, penulis ingin menyampaikan suatu tanggapan kritis guna menjawabi persoalan tersebut. Tanggapan dan analisa penulis bukan didasarkan pada pemikiran subjektif, melainkan didasarkan pada pemikiran filsuf dan sosiolog Perancis bernama Pierre Bourdieu, serta pengalaman konkrit penulis. Dalam rangka menelaah fenomena ini dengan menggunakan kacamata Bourdieu, penulis memilih kabupaten Badung sebagai sarana kajian karena kabupaten Badung adalah sarang pariwisata Bali. Dalam skrisi ini, ditemukan bahwa sektor pariwisata dan pertanian pada dasarnya dapat menciptakan suatu simbolis mutualisme, namun pada praktiknya, pertanian dirasakan merupakan sektor bagi kaum marginal dan pariwisata adalah sektor kaum milenial. Kenyataannya ialah, pariwisata tidak bisa ada tanpa pertanian namun pertanian dapat ada tanpa pariwisata. Oleh sebab itu skripsi ini memberikan suatu solusi yang dapat mengintegrasikan pariwisata dan pertanian. Solusi tersebut dibangun dalam kerangka pikir dan konsep kunci pierre Bourdieu, dengan memuncul terminologi agrowisata yang dapat menciptakan hubungan kooperatif antara pertanian dan pariwisata. Dengan demikian praktik dominasi yang terjadi secara simbolis dapat berubah menjadi suatu hubungan yang kooperatif.


Availability

16.034194 Edj dPerpustakaan STFTAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
194 Edj d
Publisher STFT Widya Sasana : Malang.,
Collation
ix + 103hlm: 22x28cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
194
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this